ISNIAR BUDIARTI
Program Studi Manajemen
Universitas Komputer Indonesia
Program Studi Manajemen
Universitas Komputer Indonesia
Balanced Scorecard adalah kartu yang digunakan untuk mencatat skor hasil kinerja seseorang yang berimbang antara dua aspek yaitu aspek keuangan dan nonkeuangan, jangka pendek dan jangka panjang, intern dan ekstern. Untuk itu ada 4 perspektif dalam membentuk kerangka kerja balanced scorecard yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Balanced
Scorecard lebih dari sekedar sistem pengukuran taktis atau operasional.
Perusahaan yang inovatif menggunakan scorecard sebagai sebuah sistem manajemen strategis, untuk mengelola strategi jangka panjang. Perusahaan menggunakan fokus pengukuran scorecard untuk menghasilkan berbagai proses manajemen penting, yaitu Memperjelas dan menerjemahkan visi dan strategi, mengomunikasikan dan mengakitkan berbagai tujuan dan ukuran strategis, merencanakan, menetapkan sasaran, dan menyelaraskan berbagai inisiatif strategis. Implementasi balance scorecard tergantung dari kebijakan organisasi.
Kata kunci: Balanced Scorecard, kinerja, manajemen strategis.
DOWNLOAD HERE!
Format PDF; Size 69 KB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar