Selamat Datang! | Welcome!

DALAM WAKTU YANG SEMAKIN MENDESAK UNTUK TRANSFORMASI MIMPI, DIMANA RUANG-RUANG HIDUP SUDAH SEDIKIT TERSISA UNTUK KAMI MENGKREASIKAN MIMPI. DIMANA RUANG-RUANG HIDUP BUKAN LAGI BEBAS BERBICARA TENTANG MIMPI SETIAP INDIVIDU, BEBAS MEMILIH JALAN BUDAYA-PERADABAN UNTUK SETIAP KOMUNI, NAMUN SUDAH PENUH DENGAN MIMPI-MIMPI MASSAL DAN JALAN HIDUP BUDAYA-PERADABAN MASSAL DALAM BINGKAI PERBUDAKAN MANUSIA.

IDEOLOGI, PEMERINTAHAN, PASAR, KORPORASI, STRUKTUR HIDUP DALAM SEJARAH TERCIPTA MASIH BELUM MAMPU MEMBEBASKAN MANUSIA DI ATAS ALAM YANG NETRAL INI, MAKA UPAYA-UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS ALAM INI ADALAH UPAYA PEMBEBASAN INDIVIDU MANUSIA.

INDIVIDU BUKANLAH APA YANG IA PAKAI, APA YANG IA KENDARAI, APA YANG IA PERCAYAI. INDIVIDU BUKANLAH SETIAP MASALAH-MASALAH YANG MELEKAT PADA DIRINYA, LABEL-LABEL YANG DIBERIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGANNYA. INDIVIDU ADALAH ENERGI INDEPENDEN DALAM KETAKDEFINISIAN YANG MAMPU MEMBERIKAN API KEHIDUPAN KEPADA ALAM, DIMANA ENERGI TERSEBUT JUGA BERASAL DARI API KEHIDUPAN ALAM DAN INI DINAMAI DENGAN SPIRIT.

MAKA PEMBEBASAN SPIRIT AKAN MEMBEBASKAN DUNIA, ADALAH VITAL UNTUK MENGHANCURKAN RUANG-RUANG YANG MENDESAK. PERANG TERHADAP MANIPULASI INFORMASI, HARAPAN-HARAPAN PALSU, DAN SEGALA STRUKTUR YANG MELEMAHKAN INDIVIDU DAN MEMBANGUN KEMBALI RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS KEHANCURANNYA SAMBIL MEMELIHARA DAN MENGEMBANGKAN RUANG-RUANG BEBAS YANG SUDAH TERCIPTA.

SUDAH SAATNYA BEBASKAN SPIRITMU MAKA KAMU MEMBEBASKAN DUNIAMU! ANGKAT BERPERANG KARENA INI ADALAH MEDAN PERTEMPURAN & PERTARUNGAN SPIRITUALITAS!


FREE SPIRIT-FREE WORLD
AQUARIAN
aquarian.free@gmail.com

Kunjungi Pustaka Online Aquarian

QUOTES FOR LIFE TRANSFORMATION

Kamis, 21 Oktober 2010

THE IWW



Pada tahun 1905, 45.000 federasi yang kokoh dari para penambang daerah barat, dengan tradisi “negosiasi dengan dinamit”, mengirimkan delegasi ke sebuah pertemuan di Chicago yang dihadiri 200 perwakilan dari para pekerja. Dari situ dimulailah IWW—The Industrial Workers of the World.

Melalui pertemuan ini IWW berkesimpulan bahwa kapitalisme harus dihapuskan. Senjata yang akan mereka gunakan adalah Unionisme industrial, solidaritas pekerja, perjuangan kelas, dan aksi langsung. Mereka berjuang di dalam dua fron, yang tidak hanya melawan para bos tetapi juga menentang serikat-serikat yang memisahkan pekerja dengan mengorganisir mereka menurut ukuran keahilan-keahlian kerja yang ketat. IWW melakukan pengorganisiran di seantero industri, bertujuan membuat “Satu Serikat Besar” untuk merangkul pekerja di manapun mereka berada. Dengan cara inilah, mereka berharap dapat melakukan sebuah pemogokan besar-besaran yang akan menuju masyarakat anarkis.

Target pertama mereka adalah para pekerja tani migran serta penebang-penebang kayu daerah barat. Kaum hobos ini, yang sudah ahli di dalam aksi langsung namun membenci politik serta organisasi sentralis, membubuhi Anarko-Sindikalisme ke dalam IWW. Mereka kemudian merangkul para pekerja-pekerja yang dieksploitasi secara semena-mena di daerah Texas, Arkansas, dan Louisiana; pekerja-pekerja ini sudah siap menggunakan kekerasan dan menyambut baik pesan IWW. Pada tahun 1912 IWW telah eksis di antara pekerja-pekerja penggilingan asal Italia di St. Lawrence. 25.000 orang bergabung di dalam sebuah pemogokan berdarah, yang berujung pada kemenangan bagi para pekerja.

Mendekati musim gugur yang bagi IWW pada waktu itu dijuluki sebagai “tempat tidur panas bagi Anarkisme”, di kota tekstil Paterson, New Jersey, di mana 25.000 pemogok berjuang melawan manajemen selama musim panas. Pada tahun 1913, 20.000 pekerja karet Akron melakukan pemogokan yang didalangi oleh IWW. Meski hanya mendengar gosip mengenai aksi IWW, Henry Ford dengan segera menaikan upah pekerjanya di Detroit. Pada tahun 1916, para penambang besi asal Finlandia di Minnesota “memanggil” IWW untuk memimpin pemogokan agar upah mereka dapat dinaikan dan waktu kerja dipotong, 18.000 pekerja tani wilayah Kansas serta Oklahoma bergabung di dalam pemogokan tersebut. Di tahun berikutnya, keanggotaan mereka telah mencapai lebih dari 100.000 orang, dan organisasi IWW juga tersebar ke Swedia, Finlandia, Argentina, Chili, Mexico, Canada, dan Inggris.

Ketika IWW menjadi organisasi yang menolak keras keterlibatan AS pada Perang Dunia Pertama, pemerintah mendapatkan alasan untuk menyingkirkan mereka. Lewat sebuah kampanye teror yang sistematis, para organizernya dipukuli, disiksa, dipenjara, dibunuh dan ditembak. Markas-markas IWW diserang dan dihancurkan. Uang dan dokumen-dokumen dirampas. Dalam jangka waktu dua tahun IWW akhirnya pecah.

Versi Anarko-Unionisme dari IWW menekankan pada pertempuran—agitasi, propaganda, aksi langsung—daripada organisasi sistematis jangka panjang. Bagi mereka, pemogokan-pemogokan merupakan sebuah cara untuk menyebarkan propaganda revolusioner; ketika pemogokan berakhir, IWW jalan terus. Mereka menolak menandatangani persetujuan maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan para bos.

Struktur IWW sangatlah demokratis, dengan sebuah semangat ketidakpercayaan terhadap pemimpin serta kebencian terhadap politik, digabung menjadi sebuah keinginan yang berapi-api akan perjuangan menggunakan kekerasan demi tercapainya sebuah dunia yang revolusioner.

IWW tidak sendirian di dalam menghadapi hukuman pada waktu Red Scare, paranoid yang dilakukan oleh pemerintah. Serangan polisi yang massif dan brutal berhasil membendung ribuan radikal; bahkan di dalam satu kali tindakan Red Raid, orang yang tertangkap mencapai 2.500 orang. Polisi khususnya sangat tertarik untuk membantai gerakan anarkis yang kuat di antara komunitas imigran-imigran Italia, dan pada tanggal 3 Mei, 1920, si anarkis Andrea Salsedo tewas di New York ketika berada di dalam tahanan polisi. Dua hari berikutnya dua orang Italia, Nicola Sacco, seorang pengrajin sepatu, dan Bartolomeo Vanzetti, seorang pedagang ikan, ditangkap di Massachusetts dan dituntut dengan tuduhan perampokan serta pembunuhan. Meski tuduhan tersebut sepenuhnya tidak benar, mereka berdua tetap disidangkan dan dinyatakan bersalah. Walaupun terjadi demonstrasi massif di seluruh dunia dan usaha-usaha naik banding secara legal demi membuktikan bahwa mereka tidak bersalah, pada tahun 1927 mereka dikenakan hukuman mati.

Hukuman ini memancing kemurkaan, ribuan orang melakukan march ke duta besar AS di London, kerumunan orang-orang marah memenuhi jalan-jalan Paris, pemogokan umum diserukan di Argentina, Uruguay dan Mexico, para demonstran bertempur melawan polisi di Moroko dan protes juga terlihat di Bucharest, Vienna, Berlin, Stockholm, Lisbon, Madrid, Ottawa, Tokyo, Cape Town, Petrograd dan Moskow. Di Amerika sendiri, ratusan ribu orang menghentak New York, polisi anti-huru-hara menggunakan gas dan pistol berhadapan dengan kerumunan orang di Chicago, dan 10.000 pekerja sutra menghantam New Jersey.

Sacco dan Vanzetti dihukum mati dengan kursi listrik pada tanggal 23 Agustus 1927. Seketika berita perihal ini tersebar ke seluruh dunia, sebuah gelombang amarah yang luar biasa meletus di London, Jenewa dan Paris terjadi kerusuhan. AS mengetahui sedikit tentang hal ini, bahkan, seperti halnya di Hollywood semua berita mengenai hal tersebut disuruh dihancurkan. Lima puluh tahun kemudian Gubernur Massachusets secara resmi meminta maaf kepada dua orang anarkis tersebut, dengan menyatakan kalau mereka sama sekali tidak bersalah.

Materi diambil dari buku ANARKI: SEBUAH PANDUAN GRAFIS karya Clifford Harper

Tidak ada komentar:

Get Your TAROT Reading