Selamat Datang! | Welcome!

DALAM WAKTU YANG SEMAKIN MENDESAK UNTUK TRANSFORMASI MIMPI, DIMANA RUANG-RUANG HIDUP SUDAH SEDIKIT TERSISA UNTUK KAMI MENGKREASIKAN MIMPI. DIMANA RUANG-RUANG HIDUP BUKAN LAGI BEBAS BERBICARA TENTANG MIMPI SETIAP INDIVIDU, BEBAS MEMILIH JALAN BUDAYA-PERADABAN UNTUK SETIAP KOMUNI, NAMUN SUDAH PENUH DENGAN MIMPI-MIMPI MASSAL DAN JALAN HIDUP BUDAYA-PERADABAN MASSAL DALAM BINGKAI PERBUDAKAN MANUSIA.

IDEOLOGI, PEMERINTAHAN, PASAR, KORPORASI, STRUKTUR HIDUP DALAM SEJARAH TERCIPTA MASIH BELUM MAMPU MEMBEBASKAN MANUSIA DI ATAS ALAM YANG NETRAL INI, MAKA UPAYA-UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS ALAM INI ADALAH UPAYA PEMBEBASAN INDIVIDU MANUSIA.

INDIVIDU BUKANLAH APA YANG IA PAKAI, APA YANG IA KENDARAI, APA YANG IA PERCAYAI. INDIVIDU BUKANLAH SETIAP MASALAH-MASALAH YANG MELEKAT PADA DIRINYA, LABEL-LABEL YANG DIBERIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGANNYA. INDIVIDU ADALAH ENERGI INDEPENDEN DALAM KETAKDEFINISIAN YANG MAMPU MEMBERIKAN API KEHIDUPAN KEPADA ALAM, DIMANA ENERGI TERSEBUT JUGA BERASAL DARI API KEHIDUPAN ALAM DAN INI DINAMAI DENGAN SPIRIT.

MAKA PEMBEBASAN SPIRIT AKAN MEMBEBASKAN DUNIA, ADALAH VITAL UNTUK MENGHANCURKAN RUANG-RUANG YANG MENDESAK. PERANG TERHADAP MANIPULASI INFORMASI, HARAPAN-HARAPAN PALSU, DAN SEGALA STRUKTUR YANG MELEMAHKAN INDIVIDU DAN MEMBANGUN KEMBALI RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS KEHANCURANNYA SAMBIL MEMELIHARA DAN MENGEMBANGKAN RUANG-RUANG BEBAS YANG SUDAH TERCIPTA.

SUDAH SAATNYA BEBASKAN SPIRITMU MAKA KAMU MEMBEBASKAN DUNIAMU! ANGKAT BERPERANG KARENA INI ADALAH MEDAN PERTEMPURAN & PERTARUNGAN SPIRITUALITAS!


FREE SPIRIT-FREE WORLD
AQUARIAN
aquarian.free@gmail.com

Kunjungi Pustaka Online Aquarian

QUOTES FOR LIFE TRANSFORMATION

Senin, 25 Oktober 2010

MEKSIKO


Tradisi pemberontakan Meksiko bisa dilihat kembali dari perjuangan melawan kolonialisme Spanyol sampai ke pemberontakan kaum Indian terhadap kekaisaran Aztec. Tibanya para imigran pada tahun 1860an, membawa ide-ide anarkis kepada bandit-bandit desa.
Pada waktu itu terjadi sebuah perang gerilya yang konstan melawan kaum tuan tanah pemilik perumahan-perumahan semi feodal atau hasienda yang luas. Tuntutan untuk pertanian anarkis bagi otonomi lokal, pengambilalihan tanah dan akhir dari korupsi pemerintahan juga menimbulkan dukungan dari kaum Indian, yang memiliki tradisi pemerintahan mandiri yang egalitarian serta kecurigaan terhadap politik. Akivitas popular semacam ini menaruh fondasi bagi revolusi 1911 yang menentang diktator Porfirio Diaz yang didukung oleh Amerika Serikat.

Pada tahun 1865, kelompok Bakuninis klandestin bernama La Social terbentuk, dan Plotino Rhodakanaty, seorang imigran asal Yunani, membuka sebuah sekolah desa di Chalco untuk mengajar membaca dan menulis, kemampuan berorasi dan organisasi, serta prinsip-prinsip dari sAnarkisme.

Di tahun 1869, seorang eks-pelajar, Chavas Lopez, memimpin 1500 petani untuk melakukan sebuah pemberontakan hebat yang menyebar sampai ke beberapa kota hingga akhirnya Lopez tertangkap dan dibunuh.

Di tahun 1878, La Social telah menjadi sebuah gerakan massa dengan 60 grup di seantero negeri, dan pada waktu itu menjadi inspirasi dari sejumlah kolektif-kolektif agararian yang otonomis: di tahun-tahun berikutnya terjadi pemberontakan di dua belas negara bagian. Selama delapan belas bulan sebelum ia ditembak, Zalacosta, editor dari koran anarkis La Internacional, memimpin ratusan petani dalam pertempuran saling mengejar dengan tentara-tentara pemerintah, mereka menghancurkan hasienda dan meredistribusi tanah. Ketika ia mati di tahun 1880, koordinasi lumpuh dan pemberontakan dapat dengan mudah dihancurkan.

Secara perlahan gerakan yang mengalami demoralisasi ini kembali mengorganisikan diri. Pada tahun 1910, delapan puluh petani bersenjata yang dipimpin oleh Emiliano Zapata merebut sebuah hacienda dan meredistribusikan tanah. Ratusan petani bergabung dengan Tentara Pembebasan Zapatista. Di dalam Plan de Ayalanya yang revolusioner, Zapata menyerukan:

Tanah yang merdeka, merdeka untuk semua, tanpa para mandor dan tuan-tuan. Tuntut keadilan dari pemerintah tiranis, bukan dengan sebuah topi di tanganmu tapi dengan sebuah senapan di genggamanmu.

Meski Diaz berhasil dijatuhkan, lelaki dan wanita Zapatista masih harus berjuang untuk membebaskan tanah mereka. Pada tahun berikutnya, 1912, sebanyak 12.000 tentara pembebasan bertempur di dalam sebuah perang gerilya, mereka menahan tentara pemerintah dan menyerang ibukota, Mexico city. Terorganisir di dalam grup-grup pedesaan yang kecil, Zapatista selalu berhasil memukul mundur tentara pemerintah terus-menerus.

Di sepanjang daerah yang telah dibebaskan, para petani berhasil merdeka dari tuan tanah dan pemerintah, namun ini tidak berlangsung lama. Di tahun 1916, sebanyak 30.000 tentara dikirim untuk menghajar mereka, meskipun begitu perlawanan petani baru dapat dihancurkan setelah aksi penyergapan dan pembunuhan Zapata pada tahun 1919.

Meksiko jaman sekarang menghadapi krisis yang terus meningkat di kota maupun di daerah pedesaan. Petani-petani tak bertanah pindah ke daerah-daerah kumuh di Mexico city, menambah populasinya sampai lebih dari 18 juta orang. Di tahun 1969, Zapatista Baru dibentuk. Pada tahun 1973, dua puluh tentara tewas pada penyergapan-penyergapan petani di Acapulco. Pada tahun 1976, di Culiaca ratusan petani merebut tanah. Di seantero Mexico lebih dari 500 orang tewas di dalam pertempuran dengan pasukan pemerintah, sementara itu di Morello, kampung dari Zapata, Brigade Petani Pengeksekusi masih terus aktif.


Materi diambil dari buku ANARKI: SEBUAH PANDUAN GRAFIS karya Clifford Harper

Tidak ada komentar:

Get Your TAROT Reading