Selamat Datang! | Welcome!

DALAM WAKTU YANG SEMAKIN MENDESAK UNTUK TRANSFORMASI MIMPI, DIMANA RUANG-RUANG HIDUP SUDAH SEDIKIT TERSISA UNTUK KAMI MENGKREASIKAN MIMPI. DIMANA RUANG-RUANG HIDUP BUKAN LAGI BEBAS BERBICARA TENTANG MIMPI SETIAP INDIVIDU, BEBAS MEMILIH JALAN BUDAYA-PERADABAN UNTUK SETIAP KOMUNI, NAMUN SUDAH PENUH DENGAN MIMPI-MIMPI MASSAL DAN JALAN HIDUP BUDAYA-PERADABAN MASSAL DALAM BINGKAI PERBUDAKAN MANUSIA.

IDEOLOGI, PEMERINTAHAN, PASAR, KORPORASI, STRUKTUR HIDUP DALAM SEJARAH TERCIPTA MASIH BELUM MAMPU MEMBEBASKAN MANUSIA DI ATAS ALAM YANG NETRAL INI, MAKA UPAYA-UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS ALAM INI ADALAH UPAYA PEMBEBASAN INDIVIDU MANUSIA.

INDIVIDU BUKANLAH APA YANG IA PAKAI, APA YANG IA KENDARAI, APA YANG IA PERCAYAI. INDIVIDU BUKANLAH SETIAP MASALAH-MASALAH YANG MELEKAT PADA DIRINYA, LABEL-LABEL YANG DIBERIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGANNYA. INDIVIDU ADALAH ENERGI INDEPENDEN DALAM KETAKDEFINISIAN YANG MAMPU MEMBERIKAN API KEHIDUPAN KEPADA ALAM, DIMANA ENERGI TERSEBUT JUGA BERASAL DARI API KEHIDUPAN ALAM DAN INI DINAMAI DENGAN SPIRIT.

MAKA PEMBEBASAN SPIRIT AKAN MEMBEBASKAN DUNIA, ADALAH VITAL UNTUK MENGHANCURKAN RUANG-RUANG YANG MENDESAK. PERANG TERHADAP MANIPULASI INFORMASI, HARAPAN-HARAPAN PALSU, DAN SEGALA STRUKTUR YANG MELEMAHKAN INDIVIDU DAN MEMBANGUN KEMBALI RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS KEHANCURANNYA SAMBIL MEMELIHARA DAN MENGEMBANGKAN RUANG-RUANG BEBAS YANG SUDAH TERCIPTA.

SUDAH SAATNYA BEBASKAN SPIRITMU MAKA KAMU MEMBEBASKAN DUNIAMU! ANGKAT BERPERANG KARENA INI ADALAH MEDAN PERTEMPURAN & PERTARUNGAN SPIRITUALITAS!


FREE SPIRIT-FREE WORLD
AQUARIAN
aquarian.free@gmail.com

Kunjungi Pustaka Online Aquarian

QUOTES FOR LIFE TRANSFORMATION

Senin, 25 Oktober 2010

KUBA


Anarkisme juga berada di pusat sejarah perjuangan panjang Kuba demi kemerdekaan dan kebebasan; sebuah perjuangan yang masih berlanjut sampai hari ini.

Orang-orang buangan dari Spanyol di tahun 1880an inilah yang mengkampanyekan Anarkisme selama 30 tahun. Kaum anarkis mengkonsepkan Resolusi Kemerdekaan Kuba pada saat diadakannya Kongres Pekerja pertama kali di tahun 1892,
dan Liga Utama Pekerja anarkis mengadakan Pemogokan Umum untuk pertama kalinya. Banyak dari kaum anarkis bertempur pada insureksi tahun 1895 melawan pemerintahan Spanyol, termasuk si komandan pemberontak Armando Andre. Diikuti dengan kemerdekaan pada tahun 1898, pekerja tembakau Havana, yang dipimpin oleh anarkis Gonzales Lozana, menyerukan sebuah Pemogokan Umum yang menewaskan 20 orang pekerja. Kaum anarkis juga berada di pusat 200.000 gerakan kooperatif yang kuat.

Meskipun penindasan semakin meningkat, Anarkisme terus tumbuh. Alfredo Gonzales, dipilih menjadi Sekretaris Utama dari Konfederasi Nasional Pekerja Kuba (CNOC), dan pada tahun 1925 serikat terkuat di Kuba, Pekerja Pembuat Bir, berada di dalam “kendali” para anarkis. Selama masa kediktatoran kejam dari Jendral Machado, kaum anarkis yang lolos dari pembunuhan dan yang dideportasi, dipaksa untuk bersembunyi. Alfredo Lopez sendiri dilempar hidup-hidup ke mulut hiu. Dengan bantuan Machado, komunis mengambil kendali CNOC di tahun 1931, namun perlawanan masih berlanjut dan pada tahun 1933 Serikat Pekerja Trolley yang anarkis menyerukan sebuah pemogokan umum. Kaum komunis, menawarkan jasa kepada pemerintah untuk menghentikan pemogokan agar mereka dapat duduk kembali di pemerintahan, namun mereka gagal dan rezim Machado pada waktu itu disingkirkan. Dengan dijanjikan kendali tetap atas serikat-serikat, komunis membantu satu diktator lagi, Batista, ke tampuk kekuasaan.

20 tahun setelahnya gerakan anarkis Kuba mulai melemah akibat terkena hukuman dan pembuangan, namun kaum anarkis yang tersisa masih melanjutkan perlawanan terhadap Batista. Di tahun 1959, karena takut dengan oposisi militan yang kuat, Batista melarikan diri. Namun, kediktatoran baru dari Fidel Castro dengan cepat memenuhi penjara dengan ribuan orang Kuba yang baru saja bertempur melawan Batista. Polisi-polisi rahasia Castro menutup pintu bagi kebebasan: gerakan kooperatif dibasmi, koran-koran diambilalih, dan lebih dari sejuta orang Kuba meninggalkan negeri itu.

Che Guevara, sang revolusioner tersohor Kuba, pergi dari Kuba untuk menyebarkan revolusi ke Bolivia. Dijuluki oleh kawan-kawan komunisnya sendiri sebagai seorang “Bakunin baru”, Guevara menyerukan aksi langsung, konfrontasi menggunakan kekerasan terhadap negara, dan propaganda dengan perbuatan. Meski pemerintah mendeportasikan banyak aktivis pada tahun 1950an dan di awal-awal tahun 1960an, Anarko-Sindikalisme masih menjadi sebuah pengaruh yang kuat di antara para penambang Bolivia. Pada tahun 1967, Guevara yang terisolasi di daerah pedesaan, disergap dan dibunuh.

Abraham Guillen, seorang anarkis buangan dari Spanyol, seperti halnya dengan Guevara, percaya kalau sekelompok pejuang yang gigih dapat mengalahkan kekuatan-kekuatan negara. Mengawinkan Bakuninisme militan dengan peperangan gerilya, Guillen di dalam bukunya Strategy of Urban Guerrila berpendapat kalau revolusi dapat digencarkan oleh kelompok-kelompok bersenjata dan bahwa kediktatoran sangat mudah diserang dengan kebencian hebat yang mereka dapat dari populasi. Namun tidak sama dengan Guevara, yang lebih memilih perjuangan di wilayah rural, Guillen berpendapat bahwa kota—”Concrete Jungle”—merupakan wilayah yang ideal untuk bertempur.

Sangat terinspirasi oleh teori-teori Guillen, Tupamaros, gerakan pembebasan nasional Uruguay, memilih wilayah kota. Meski mereka tergolong kecil, gerilyawan-gerilayan urban ini menjadi ancaman serius bagi pemerintah selama lebih dari sepuluh tahun.


Materi diambil dari buku ANARKI: SEBUAH PANDUAN GRAFIS karya Clifford Harper

Tidak ada komentar:

Get Your TAROT Reading