Selamat Datang! | Welcome!

DALAM WAKTU YANG SEMAKIN MENDESAK UNTUK TRANSFORMASI MIMPI, DIMANA RUANG-RUANG HIDUP SUDAH SEDIKIT TERSISA UNTUK KAMI MENGKREASIKAN MIMPI. DIMANA RUANG-RUANG HIDUP BUKAN LAGI BEBAS BERBICARA TENTANG MIMPI SETIAP INDIVIDU, BEBAS MEMILIH JALAN BUDAYA-PERADABAN UNTUK SETIAP KOMUNI, NAMUN SUDAH PENUH DENGAN MIMPI-MIMPI MASSAL DAN JALAN HIDUP BUDAYA-PERADABAN MASSAL DALAM BINGKAI PERBUDAKAN MANUSIA.

IDEOLOGI, PEMERINTAHAN, PASAR, KORPORASI, STRUKTUR HIDUP DALAM SEJARAH TERCIPTA MASIH BELUM MAMPU MEMBEBASKAN MANUSIA DI ATAS ALAM YANG NETRAL INI, MAKA UPAYA-UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS ALAM INI ADALAH UPAYA PEMBEBASAN INDIVIDU MANUSIA.

INDIVIDU BUKANLAH APA YANG IA PAKAI, APA YANG IA KENDARAI, APA YANG IA PERCAYAI. INDIVIDU BUKANLAH SETIAP MASALAH-MASALAH YANG MELEKAT PADA DIRINYA, LABEL-LABEL YANG DIBERIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGANNYA. INDIVIDU ADALAH ENERGI INDEPENDEN DALAM KETAKDEFINISIAN YANG MAMPU MEMBERIKAN API KEHIDUPAN KEPADA ALAM, DIMANA ENERGI TERSEBUT JUGA BERASAL DARI API KEHIDUPAN ALAM DAN INI DINAMAI DENGAN SPIRIT.

MAKA PEMBEBASAN SPIRIT AKAN MEMBEBASKAN DUNIA, ADALAH VITAL UNTUK MENGHANCURKAN RUANG-RUANG YANG MENDESAK. PERANG TERHADAP MANIPULASI INFORMASI, HARAPAN-HARAPAN PALSU, DAN SEGALA STRUKTUR YANG MELEMAHKAN INDIVIDU DAN MEMBANGUN KEMBALI RUANG-RUANG BEBAS DI ATAS KEHANCURANNYA SAMBIL MEMELIHARA DAN MENGEMBANGKAN RUANG-RUANG BEBAS YANG SUDAH TERCIPTA.

SUDAH SAATNYA BEBASKAN SPIRITMU MAKA KAMU MEMBEBASKAN DUNIAMU! ANGKAT BERPERANG KARENA INI ADALAH MEDAN PERTEMPURAN & PERTARUNGAN SPIRITUALITAS!


FREE SPIRIT-FREE WORLD
AQUARIAN
aquarian.free@gmail.com

Kunjungi Pustaka Online Aquarian

QUOTES FOR LIFE TRANSFORMATION

Selasa, 18 Januari 2011

PASIFISME


Banyak dari kaum anarkis menolak kekerasan. Tradisi pasifis di dalam Anarkisme telah berlangsung lama, yang dapat ditelusuri dari gerakan Ranters sampai pada Leo Tolstoy, hingga gerakan perdamaian sekarang ini, di mana Anarkisme memiliki pengaruh yang kuat terhadapnya.

Semua anarkis adalah anti-militer dan menolak perang yang dilakukan oleh kapitalis, namun banyak juga yang mendukung aksi kekerasan revolusioner, yang berpendapat bahwa kekuatan fisik dibutuhkan untuk menggulingkan benteng kekuasaan dan melawan agresi negara. Bagi mereka pemakaian kekerasan di dalam revolusi itu pilihan kedua. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Alexander Berkman:

Itu sama seperti ketika kamu menggulung lenganmu untuk bekerja, itu harus dipertimbangkan sebagai kerja itu sendiri. Bagian pertempuran dari revolusi serupa halnya dengan menggulung lenganmu. Tugas yang nyata dan aktual baru ada setelahnya.

Namun beberapa anarkis berdiri dengan pendapat yang berbeda, menurut mereka Anarkisme dan kekerasan itu bertentangan. Untuk memaksa siapa saja agar melakukan tindakan yang ditolak oleh kehendak bebas mereka dengan ancaman, atau menggunakan kekuatan fisik adalah sebuah tindakan kekuasaan. Kaum anarkis, menurut mereka, harus menolak kekuasaan dan bukan malah menggunakannya. Banyak juga yang berpendapat kalau kekerasan itu tidak produktif, pembangkangan sosial dan aksi langsung yang damai menyediakan jalan yang lebih baik menuju perubahan radikal.

Pada tahun 1917 Emma Goldman dan Alexander Berkman mengorganisir No Conscription League untuk memperkuat penolakan terhadap perang. Mereka berdua dituntut dengan tuduhan konspirasi dan dipenjara selama dua tahun untuk kemudian dideportasikan. Industrial Workers of the World juga menawarkan nilai-nilai anti-kekerasan, dengan menyatakan bahwa kekerasan, “merupakan basis bagi eksistensi negara politis, tidak punya tempat di dalam organisasi”, dan menjelaskannya pada para pekerja yang mogok bahwa “kekuatan mereka terletak pada tangan mereka yang tertutup”. Ketika perang dimulai, IWW menyerukan sebuah pemogokan umum dengan argumen bahwa “jika para pekerja turut serta dalam perang, para boslah yang akan mengambil keuntungannya”. Namun ancaman sebuah gerakan anti-perang radikal melahirkan sebuah gelombang represi brutal yang diperankan oleh pemerintah. Ratusan orang dipenjara dan IWW dibubarkan untuk selamanya.

Lima puluh tahun kemudian ketika terjadi perang lagi—di Vietnam—muncul sebuah gerakan anti-perang baru yang lebih besar, dan sekali lagi para anarkis mengambil perannya. Gerakan penting yang serupa adalah New York Workshop in Nonviolence, yang menerbitkan majalah anarkis berpengaruh yang bertajuk WIN. Di antara para anggotanya, terdapat anarkis pasifis Julian Beck dan Judith Melina dari Living Theater, juga penyair anarkis Tuli Kupferberg dan General Strike for Peace Group. Bersama dengan Lingkaran pasifis di San Fransisco, yang salah satu anggotanya ialah penyair Kenneth Rexroth, peran mereka sangat menentukan di dalam penentangan melawan militerisme dan negara.

Paul Goodman, seorang penulis anarkis, guru dan juga penyair, merupakan inspirasi terbesar di dalam gerakan perdamaian. Lahir pada tahun 1911, ia mulai menulis di tahun 1930an. Namun walau sudah cukup berpengaruh di dalam kalangan anarkis, seniman dan bohemian pada tahun 1950an di New York, yang juga berhubungan erat dengan Living Theater, baru pada tahun 1960 ia meraih pengakuan internasional, lewat bukunya yang berjudul Growing Up Absurd. Goodman mengajurkan kepada para anak muda untuk menolak konformitas seksual, rasisme serta kekerasan, agar dapat merayakan kasih dan kehidupan.

Di dalam masyarakat yang kacau, terlalu sentralis dan terlalu diperintah, kita harus menuju simplifikasi, desentralisasi, dan penghilangan kontrol.

Dengan menganjurkan gerakan perdamaian yang berbasis masyarakat anti-kekerasan, pengaruh dari Goodman menjadi sangat luas. Pada waktu itu ia pernah diundang untuk mengarahkan sebuah konferensi para perencana yang diadakan oleh pemerintah:

Orang-orang seperti kalian tidak sesuai dengan komitmen-komitmen yang kalian bangun. Pengalaman, rekruitmen dan disposisi moral kalian. Kalianlah kompleks-industrial-militer dari Amerika Serikat, badan yang paling berbahaya bagi keberlangsungan manusia di dalam kehadirannya di dunia sekarang ini, karena kalian tidak hanya mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang merusak, namun juga melahirkan lobi yang berpengaruh bagi kehancuran, dan kalian telah memperluas penyalahgunaan fungsi otak, sumber daya dan buruh agar perubahan menjadi sesuatu yang sukar. Tren-tren yang kalian representasikan akan diganggu oleh kerusuhan, keterasingan, kehancuran ekologis, peperangan, dan revolusi-revolusi, oleh karena itu, perencanaan jangka waktu panjang sekarang ini, termasuk konferensi ini, adalah tidak relevan.

Gerakan perdamaian berhasil menyatukan ratusan ribu orang untuk menolak peperangan di Vietnam. Kampanye-kampanye massa akan pembangkangan sipil, penolakan perekrutan militer dan aksi langsung tanpa kekerasan, semua itu merupakan faktor terbesar di dalam aksi untuk membawa perdamaian ke Vietnam. Gerakan-gerakan perdamaian sekarang ini masih terus berlanjut, melakukan praktek tanpa kekerasan di dalam perjuangan menentang senjata-senjata nuklir. Sekali lagi, pembangkangan sipil dan aksi langsung merupakan taktik utama bagi para protester yang melakukan demonstrasi, melakukan penjagaan, melakukan blokade dan melakukan gangguan terhadap pembuatan senjata-senjata nuklir, sementara yang lainnya mengambil resiko masuk dengan sengaja ke dalam area-area percobaan nuklir. Pasifisme radikal menjadi sebuah kekuatan yang besar melawan negara seperti halnya dengan gema teriakan lama mereka: “Peperangan akan berhenti ketika manusia menolak untuk bertempur.”

 Materi diambil dari buku ANARKI: SEBUAH PANDUAN GRAFIS karya Clifford Harper

Tidak ada komentar:

Get Your TAROT Reading